Beranda | Artikel
Ibadah Dibangun di Atas Syariat - Bagian ke-3 - Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Yala Kurnaedi, Lc.)
Kamis, 15 Oktober 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Ibadah Dibangun di Atas Syari’at (Bagian ke-3)

Pada kajian kali ini, Ustadz Kurnaedi akan membahas contoh penerapan dari kaidah yang agung yang berbunyi:

الْعِبَادَاتُ مَوْقُوْفَةٌ عَلَى الشَّرْعِ

“Ibadah-ibadah itu dibangun atau ditegakkan di atas syariat.”

Contoh Penerapan Kaidah
Di antara contoh penerapan kaidah ini adalah dalam masalah shalat setelah thawaf, Syaikh Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa:

“Jika ada seseorang melakukan shalat sunnah setelah thawaf sebanyak empat rakaat atau dia ingin memanjangkan dua rakaat shalat di belakang maqam setelah thawaf, maka dia telah melakukan kesalahan. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah meringankan dua rakaat tersebut, dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya melakukan dua rakaat.”

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan kaidah “الْعِبَادَاتُ مَوْقُوْفَةٌ عَلَى الشَّرْعِ” dan contoh penerapannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian: Contoh Penerapan Kaidah “Ibadah itu Ditegakkan di Atas Syariat (Bagian ke-3)”

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16491-ibadah-dibangun-di-atas-syariat-bagian-ke-3-kaidah-praktis-memahami-fiqih-islami-ustadz-abu-yala-kurnaedi-lc/